4 Pekerjaan yang dipandang super keren dengan gaji pas-pasan

pekerjaan yang dipandang keren

Pekerjaan Super Keren, tapi Gaji Kecil

Kejadian ini terjadi saat menghadiri pesta salah satu keluarga di Kampung. Sejak kejadian itu, penulis benar-benar bersyukur dengan apa yang diberikan Allah.

Sekecil apapun itu menurut kita. Kita tetap harus bersyukur.

Karena terkadang, apa yang kita peroleh hari ini. Ternyata juga menjadi impian banyak orang. Jadi, sayang sekali jika kita tidak mensyukurinya.

Sesuai dengan judulnya, kejadian ini terkait dengan pekerjaan yang dipandang sangat keren oleh sebagian besar masyarakat kita.

Padahal, kenyataannya gajinya super kecil

Jarang sekali diantara mereka yang mengatakan cukup, apalagi lebih dari gaji yang dihasilkan dari pekerjaan tersebut.

Nah, pada kesempatan ini penulis ingin berbagi beberapa pekerjaan yang terlihat keren, tapi ternyata gaji yang didapatkan tidaklah seberapa.

Baik, mari kita bahas satu persatu.

Pegawai Honorer

Ya. Menjadi Pegawai Negeri Sipil memang cita-cita banyak orang di Indonesia. Terutama generasi orangtua kita dulu.

Mereka mendorong kita anaknya untuk sekolah dan kuliah agar bisa mendaftar jadi pegawai dan memiliki status sebagai PNS, sekarang lebih lazim dengan sebutan ASN.

Hanya saja, tidak semua diantara kita yang beruntung. Ada beberapa yang sudah ikut tes berkali-kali, tapi belum juga lulus.

Ada yang sudah lebih dari 7 kali ikut tes.

Akhirnya, daripada tidak ada kerjaan. Sementara mulut tetangga kiri kanan sudah tidak tertahankan. Akhirnya memutuskan untuk mendaftar menjadi Honorer.

Baik sebagai guru maupun pegawai honorer di kantor-kantor pemerintah.

Jadi pegawai pemerintah tidaklah seindah yang diharapkan. Terutama bagi mereka yang masih berstatus sebagai honorer.

Tidak jarang mereka menerima gaji yang tidak cukup untuk membeli bensin bolak-balik ke kantor. Cukup sering penulis mendengar mereka hanya digaji 200-300 ribuan saja.

Mungkin ada yang lebih besar dan kecil.

Walaupun gaji honorer ini kecil, di masyarakat mereka tetaplah keren.

Menjadi rebutan calon-calon mertua. Mereka menyodorkan anak gadis mereka lantara kita terlihat sebagai pegawai pemerintah yang masa depannya terjamin.

Ironis memang, tapi itulah fakta yang sering kita temukan.

Penyiar Radio

Menjadi penyiar Radio merupakan posisi yang sangat keren.

Karena kita berhubungan dengan banyak orang. Hampir setiap hari kita siaran dan didengar oleh ribuan telinga setiap harinya.

Pendengar tidak pernah tahu bagaimana kondisi kita sebenarnya. Yang mereka yakini, kita sebagai penyiar radio sangatlah keren.

Didengar oleh banyak orang setiap harinya. Pokoknya keren. Penulis sendiri pun beranggapan seperti itu. Menjadi penyiar radio itu super keren.

Padahal untukgajinya, penyiar radio juga tidak terlalu besar.

Penulis tidak ingin merendahkan profesi apapun. Tapi, faktanya sering ditemukan penyiar radio dengan gaji yang tidak mencapai UMR.

Pekerjaan tidak menjadi pekerjaan utama bagi mereka.

Ketika mereka bisa mendapatkan pekerjaan lain, seringkali mereka akan meninggalkan pekerjaan sebagai penyiar radio. Cukup sering penulis lihat.

Barista

Terus terang, penulis tidak tahu persis berapa gaji mereka.

Tapi, dari sumber yang penulis dapatkan. Gaji seorang barista tidaklah besar. Tidak jauh berbeda dari penjaga toko lainnya.

Mungkin sebesaran UMR (lebih kurang).

Walaupun begitu, pekerjaan mereka terlihat sangat keren. Terutama dikalangan anak muda. Setiap hari nongkrong di Cafe dengan style yang sangat menawan.

Dokter Umum

Faktanya, tidak semua dokter memiliki penghasilan yang besar.

Banyak juga dokter yang memiliki gaji yang pas-pasan. Sehingga tidak jarang sebagian dari mereka mau tinggal di pelosok desa karena kalah bersaing di daerah perkotaan.

Ini terlepas dari profesi mulia mereka dalam menolong banyak orang.

Karena bisa saja mereka mau bertugas ke daerah-daerah karena memang ingin membantu orang-orang susah di daerah tersebut.

Dimasyarakat profesi ini sangatlah keren. Memiliki kasta yang cukup tinggi dibandingkan dengan pekerjaan lainnya.

Sehingga tidak jarang pula mereka yang berprofesi sebagai dokter seolah-olah sudah memiliki sertifikat jaminan masa depan.

Berbondong-bondong orangtua ingin menikahkan anaknya dengan dokter.

Itulah beberapa profesi atau pekerjaan yang terlihat keren tapi tidak selalu memiliki Gaji yang super besar. Bahkan seringkali tidak cukup untuk membiayai hidup mereka.

Kami harap, setelah membaca tulisan ini. Kita tidak menilai orang dari luarnya saja. Termasuk dari pekerjaan yang mereka tekuni.

Karena, tak jarang juga pedagang pasar dengan penampilan seadanya memiliki omset puluhan juta setiap harinya.

Pada tulisan lain, kami berencana menulis tentang pekerjan-pekerjaan yang sering disepelekan masyarakat Indonesia.

Jadi, tetap berkunjung ke blog ini.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Default image
Staff Editorial
Menyukai berbagai hal terkait dengan pemasaran online, mulai dari SEO, Facebook, Youtube dan Instagram. Mendalami banyak pengetahuan dengan cara menulisnya untuk banyak orang.
Leave a Reply